Cara Melakukan Analisis Pemasaran Kompetitif

Cara yang Kompetitif dalam melakukan Analisis Pemasaran bisnis anda

Guru Bisnis Online – Lanskap bisnis kecil bisa dibilang lebih sulit dari sebelumnya. Sebuah survei Kontak Konstan baru-baru ini menemukan bahwa 59% CEO SMB merasa lebih sulit untuk menjalankan bisnis daripada 5 tahun yang lalu, sebuah faktor yang terutama dapat dikaitkan dengan teknologi dan praktik pemasaran yang cepat berubah. Kesulitan keberhasilan berarti bahwa analisis pemasaran yang kompetitif lebih penting daripada sebelumnya.

Anda tidak akan pernah tahu apakah analisis pemasaran Anda benar-benar berhasil, atau memungkinkan Anda untuk mengambil bagian yang lebih besar dari Anda pasar. Namun, praktik terbaik telah berubah secara signifikan, dan taktik yang Anda pelajari di sekolah bisnis belum tentu efektif saat ini.

Bagaimana Analisis SWOT?

Secara historis, perusahaan dari semua ukuran sangat bergantung pada SWOT untuk analisis pemasaran yang kompetitif, akronim yang mewakili kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Keempat area ini ditempatkan dalam kuadran, digambarkan di bawah ini, dan digunakan untuk anti peluru bisnis Anda dengan menyelesaikan kelemahan dan menghilangkan ancaman.

Sementara analisis SWOT tentu lebih baik daripada tidak sama sekali, Lavinsky merekomendasikan pendekatan yang lebih luas untuk analisis pemasaran Bisnis Analisis yang Efektif dan kompetitif, serta sistem berikut untuk menerapkan kecerdasan kompetitif:

Fokus pada Metrik

Apakah Anda tahu platform media sosial mana pelanggan Anda berasal? Jika strategi pemasaran Anda tidak didorong oleh metrik, buatlah pergeseran ke arah tinjauan sistemik atas tindakan Anda.

Ulangi Apa yang Bekerja

Apakah mengirim email hasil e-book di ratusan prospek baru? Terjemahkan tindakan profit-tertinggi Anda ke dalam sistem yang Anda ulangi setiap dua minggu, bulanan, atau setiap tiga bulan.

Peluang Serangan

Sudahkah Anda mencoba mengirim email pada waktu yang berbeda, atau kehadiran di Pinterest ? Jangan tunggu sampai iklim tepat untuk bereksperimen secara aktif.

Apa yang Harus Disertakan dalam Analisis Pemasaran Kompetitif

Strategi Bisnis

Meskipun Anda mungkin tidak akan pernah tahu persis isi dari rencana bisnis pesaing Anda, Anda dapat mengompilasi sebanyak mungkin intelijen tentang bagaimana mereka melakukan bisnis melalui analisis pemasaran yang kompetitif. Cara yang paling efektif untuk melakukan ini adalah melalui profil pesaing, suatu proses yang tidak seperti menciptakan persona pembeli. Faktor-faktor yang harus dimasukkan dalam profil pesaing termasuk yang berikut:

• Segmen Ditayangkan : Bagaimana basis pelanggan mereka dibandingkan dengan Anda?
• Pangsa Pasar : Apakah mereka menangkap mayoritas pelanggan di industri Anda? Apakah basis pelanggan mereka tumbuh?
• Tema Iklan dan Kampanye : Topik, tren, dan konsep apa yang secara aktif mereka targetkan dalam pemasaran konten ?
• Saluran Distribusi : Apakah mereka memiliki blog ? Apakah mereka di media sosial?
• Pricings, Diskon, dan Spesial Tahunan : Apakah intelijen ini terdaftar di situs web mereka?

Perbandingan Situs Web

Situs web adalah tulang punggung kehadiran digital Anda, dan sangat penting untuk mengoptimalkan persaingan Anda, terutama di era di mana pengoptimalan seluler sangat penting. Analisis pemasaran yang kompetitif dari situs web utama harus mencakup melihat faktor-faktor berikut:

  • Jumlah Halaman : Apakah pesaing Anda menawarkan beragam halaman arahan , informasi terperinci mengenai harga, dan halaman tentang kami?
  • Navigasi : Apakah situs web mudah digunakan? Apakah pesaing Anda dapat mencocokkan pengalaman pengguna dengan tingkat kecerdasan pembeli Anda?
  • Integrasi Sosial : Apakah tombol follow media sosial termasuk di halaman situs? Apakah ada peluang untuk berbagi konten atau halaman arahan?
  • Muat Times : Apakah situs web dimuat dengan cepat di semua browser, dan di perangkat yang mendukung seluler?

Menargetkan

Konten yang relevan adalah bisnis yang serius. Prospek Anda pasti tidak punya waktu untuk terlibat dengan informasi umum. Dalam arti kata yang paling ketat, pesaing Anda berusaha mencapai tujuan yang sama dengan Anda. Namun, itu tidak berarti mereka menargetkan persona pembeli yang sama persis seperti Anda.

Bagaimana Cara Analisis Pemasaran Media Sosial?

Kemampuan perusahaan untuk memantau, melacak, dan terlibat dalam percakapan di platform media sosial dapat menentukan keberhasilan mereka di antara jenis konsumen baru. Gunakan analisis pemasaran kompetitif kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan informasi yang dapat ditindaklanjuti tentang bidang-bidang utama berikut ini:

Platform

Apakah pesaing Anda tetap di Facebook dan Twitter, atau apakah mereka menggunakan semua jaringan media sosial secara merata? Apakah mereka mengalami keterlibatan yang lebih baik pada platform tertentu?

Mengikuti

Sementara pengikut sosial total menawarkan sedikit nilai sendiri, memantau pertumbuhan pengikut sosial pesaing Anda dapat memberikan wawasan tentang kemanjuran strategi mereka. Di Facebook, perhatikan berapa banyak orang yang membicarakan hal ini.

Konten

Apakah pesaing Anda sangat mempromosikan penawaran konten dan artikelnya sendiri, atau memberikan bagian yang sama kepada pembuat konten lain di industri? Apakah mereka secara efektif menargetkan konten ke personas pembeli, atau berbagi item yang tampaknya tidak sesuai?