Persyaratan Bisnis Analisis yang Harus Anda Ketahui

Ketahui Dokumen Persyaratan Bisnis Analisis

Guru Bisnis Online – Setiap aktivitas baru, setiap produk baru, setiap proyek baru di tempat kerja dibuat sebagai tanggapan terhadap kebutuhan bisnis analisis. Namun kita sering menemukan diri kita dalam situasi di mana, meskipun menghabiskan waktu dan sumber daya yang luar biasa, ada ketidakcocokan antara apa yang telah dirancang dan apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Pernahkah seorang klien mengeluh bahwa apa yang Anda sampaikan bukan apa yang ia pesan? Apakah ada orang yang mengubah pikirannya sama sekali tentang penyampaian, ketika Anda setengah jalan melewati proyek? Sudahkah Anda memiliki persyaratan bisnis analisis yang saling bertentangan dari beberapa klien? Dan apakah Anda pernah menerima persyaratan baru setelah Anda berpikir Anda sudah selesai membuat produk?

Analisis kebutuhan bisnis yang terfokus dan terperinci dapat membantu Anda menghindari masalah seperti ini. Ini adalah proses menemukan, menganalisis, mendefinisikan, dan mendokumentasikan persyaratan yang terkait dengan tujuan bisnis tertentu. Dan itu adalah proses di mana Anda dengan jelas dan tepat mendefinisikan ruang lingkup proyek, sehingga Anda dapat menilai rentang waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Fokuskan Keinginan anda dalam Berbisnis

Ingat: untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda perlu secara akurat mendefinisikannya – dan analisis persyaratan bisnis yang baik membantu Anda mencapai tujuan ini. Ini mengarahkan Anda untuk lebih memahami kebutuhan bisnis.

Dan membantu Anda menguraikannya ke dalam persyaratan rinci dan spesifik yang disetujui semua orang. Terlebih lagi, biasanya lebih cepat dan lebih murah untuk memperbaiki masalah atau kesalahpahaman pada tahap analisis daripada ketika “produk jadi” dikirimkan.

Tip:

Banyak organisasi telah menetapkan prosedur dan metodologi untuk melakukan analisis kebutuhan bisnis, yang mungkin telah dioptimalkan khusus untuk Mengumpulkan Data Bisnis Online dari organisasi atau industri itu. Jika ini ada, gunakan mereka! Namun, pastikan Anda juga mempertimbangkan poin di bawah ini.

Cara Menemukan Persyaratan Bisnis

Di bawah ini adalah panduan lima langkah untuk melakukan analisis kebutuhan bisnis Anda sendiri.

Identifikasi Pemangku Kepentingan Utama

Identifikasi orang-orang kunci yang akan terpengaruh oleh proyek. Mulailah dengan mengklarifikasi dengan tepat siapa sponsor proyek itu. Ini mungkin merupakan klien internal atau eksternal. Either way, penting bahwa Anda tahu siapa yang memiliki keputusan akhir tentang apa yang akan dimasukkan dalam lingkup proyek, dan apa yang tidak.

Kemudian, identifikasi siapa yang akan menggunakan solusi, produk, atau layanan. Ini adalah pengguna akhir Anda. Proyek Anda dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mereka, jadi Anda harus mempertimbangkan masukan mereka.

Tip:

Pastikan daftar Anda lengkap: ingat, pengguna akhir untuk suatu produk atau layanan mungkin semuanya berada dalam satu divisi atau departemen, atau mereka mungkin tersebar di berbagai departemen atau tingkat organisasi Anda. Artikel kami tentang Analisis Pemangku Kepentingan akan membantu Anda mengidentifikasi para pemangku kepentingan.

Capture Stakeholder Requirements

Tanyakan kepada masing-masing pemangku kepentingan kunci ini, atau kelompok pemangku kepentingan, untuk persyaratan mereka dari produk atau layanan baru. Apa yang mereka inginkan dan harapkan dari proyek ini?

  • Kiat 1:

Ingat, setiap orang menganggap proyek dari sudut pandangnya masing-masing. Anda harus memahami perspektif yang berbeda ini dan mengumpulkan persyaratan yang berbeda untuk membangun gambaran yang lengkap tentang apa yang harus dicapai oleh proyek.

  • Kiat 2:

Ketika mewawancarai para pemangku kepentingan, jelaskan tentang apa ruang lingkup proyek ini, dan jagalah diskusi Anda dalam hal ini. Jika tidak, pengguna akhir mungkin tergoda untuk mendeskripsikan semua jenis fungsi yang proyek Anda tidak pernah dirancang untuk disediakan. Jika pengguna telah mengartikulasikan keinginan ini secara detail, mereka mungkin kecewa ketika mereka tidak termasuk dalam spesifikasi akhir.

Mengkategorikan Persyaratan

Untuk mempermudah analisis, pertimbangkan untuk mengelompokkan persyaratan ke dalam empat kategori ini:

Persyaratan Fungsional – Ini menentukan bagaimana suatu produk / layanan / solusi berfungsi dari sudut pandang pengguna akhir. Mereka mendeskripsikan fitur dan fungsi yang akan digunakan pengguna akhir untuk berinteraksi langsung.

Persyaratan Operasional – Ini mendefinisikan operasi yang harus dilakukan di latar belakang untuk menjaga produk atau proses berfungsi selama periode waktu.

Persyaratan Teknis – Ini menentukan masalah teknis yang harus dipertimbangkan agar berhasil menerapkan proses atau membuat produk.

Persyaratan Transisi – Ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk menerapkan produk atau proses baru dengan lancar.

Bagaimana Kunci Analisis Bisnis yang Sukses?

Kunci untuk analisis kebutuhan bisnis yang sukses adalah mengidentifikasi apa yang akan dilakukan oleh sistem atau produk baru untuk semua pengguna / pemangku kepentingan yang tepat – dan untuk memahami apa yang mereka ingin sistem atau produk baru untuk dilakukan.

Anda dapat menggunakan berbagai teknik untuk mengumpulkan persyaratan, tetapi pastikan persyaratan tersebut jelas, ringkas, dan terkait dengan bisnis. Proses ini juga membantu Anda mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah apa pun yang saling bertentangan sejak awal.

Setelah Anda menyelesaikan analisis Anda, rekamlah dalam dokumen tertulis. Ini menjadi “kontrak” untuk menciptakan produk atau sistem yang menangani semua kebutuhan bisnis Anda atau klien Anda.